Gubernur Papua Tolak Demo Moker Eks PTFI

0

Jayapura, PapuaTerbit.com – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP. MM meolak para pendemo eks pekerja PT. Freport Indonesia untuk kembali ke PTFI karena Pemerintah Provinsi Papua telah memberikan surat pada Desember 2018 lalu untuk mempekerjakan eks PTFI kembali.

Dari surat tersebut PTFI menerima dan memberikan ketentuan kepada eks pekerja tersebut, namun dari surat tersebut tidak ditanggapi oleh 8.300 eks pekerja PT. Freeport Indonesia malah mereka melakukan mogok kerja.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP. MM menolak dan mengatakan tahun 2018 sudah surat gubernur untuk memperkerjakan eks pekerja kembali, dan itu harus di setujui dan diikuti oleh eks pekerja PTFI yang telah melakukan mogok kerja, malahan tidak mengikuti aturan dari PT. Freeport Indonesia.

” Kalo Freeport itu anak-anak yang mogok itu kan kita sudah menyurat ke Freeport yang lalu kan begitu, kenapa dong mogok lagi. Kalau masalah mereka terjadi pertama itu Freeport perintahkan mereka, bahkan mereka tidak penuhi aturan tidak mau ikut atau malah mereka demo-demo akhirnya kami menyurat,” katanya.

Dengan nada kesal kata Gubernur Papua, apa tujuan eks pekerja PTFI ini, karena Gubernur sudah menyurat tahun 2018 lalu agar manajemen Freeport bisa meligat hal itu.

” Sekarang mereka demo lagi apa tujuan mereka, kasih tau Kadis Tenaga Kerja. Saya sudah menyurat tahun lalu dan manajemennya bisa melihat itu,” imbuhnya.

Dengan tegas Gubernur Papua, menolak eks pekerja Freeport yang mogok kerja dan saat ini melakukan demo. Tegasnya, Gubernur

mengetahui persis masalah mogok kerja tersebut dan sampai terjadinya PHK. Sehingga jika demikian terjadi bukan urusan Pemprov Papua.

” Sekarang kalau mereka demo di Freeport sana bukan di kita, kita kan sudah fasilitasi. Saya tau persis bagaimana terjadinya. PHK ini ada masalah dengan Freeport, mereka sudah buat ketentuan.Kenapa mereka langgar-langgar dan itu bukan kita lagi,” pungkasnya,”(Celia/Epen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here