Kurangi Pengangguran OAP Disnaker Kota Gelar Pelatihan Bagi Pencari Kerja

0

Jayapura, PapuaTerbit.com – Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia(SDM) dan Mengurangi Pengangguran, Dinas tenaga kerja (Disnaker)kota Jayapura menggelar pelatihan mengemudi dan komputer bagi pemuda pemudi orang asli Papua(OAP)

Asisten II Setda kota Jayapura Drs M Nurjainuddin Konu, MKP
mengatakan adanya pelatihan ini, di harapkan dapat memberikan peluang usaha kerja dan peluang lapangan pekerjaan bagi pemula dalam mencari pekerjaan, kata Asisten II Nurjainuddin Konu,Kamis (25 /7/19)

“di jaman sekarang ini, untuk mencari pekerjaan di kota besar, kita butuh keterampilan. Jika tak memiliki skill maka sangat susah utk mendapatkan pekerjaan”, ucapnya.

Nur berharap Disnaker melalui pembinaan dan pelatihan bagi pencari kerja di kota jayapura dapat meningkatkan SDM dan mengurangi jumlah pengangguran, terlebih khusus orang asli papua (OAP).

peserta pelatihan komputer di ikuti 50,dan pelatihan mengemudi sebanyak 30 orang dari 5 distrik di kota Jayapura.

Sementara kepala dinas tenaga kerja kota Jayapura Djoni Naa, SE, MSi  menyampaikan salah satu upaya pemkot Jayapura mengurangi jumlah angka pengangguran di kota Jayapura

“hingga bulan Juni 2019, jumlah pencari kerja yg terdaftar di dinas tenaga kerja mencapai 10.022 orang, baik Lulusan sarjana mencapai 65 persen dari total pencari kerja,dan 10.022 orang terdiri dari 5.202 laki-laki,dan sebanyak 4.820 perempuan,”ujarnya

Sementara itu, jumlah peserta pelatihan setiap tahun berubah. ini kegiatan rutin,yang di sesuaikan dengan anggaran yang ada.

Pentingnya pengawasan, dan pendampingan bagi pemula, melalui pelatihan dan ketrampilan agar mereka bisa mandiri dan mampu berdaya saing dalam dunia pekerjaan, tambahnya. (Lisa /Epen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here