Charles Brabar : Kampung KB Jangan Di Indikasikan Semua Harus Pakai KB

0
165

Jayapura, PapuaTerbit.com – Kepala BKKBN Provinsi Papua, Charles Brabar mengatakan kampung KB jangan di indikasikan bahwa warga di kampung harus mengikuti KB semua.

“kampung KB tidak boleh banyak anak itu tidak benar,”tegas charles Brabar.

dikatakan kampung KB merupakan salah satu inovasi strategis untuk mengimplementasikan kegiatan prioritas pembangunan seperti program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga, kesehatan, pendidikan, sosial, ekonomi dan lainnya.

BKKBN Provinsi Papua telah mencanangkan dan membentuk 427 kampung keluarga berencana Kampung KB merupakan salah satu program unggulan BKKBN hasil terjemahan dri Nawacita ke-3 dri presiden Jokowi yakni membangun dari pinggiran.

” Ya data BKKBN papua bulan Desember 2018, ada 20 kabupaten dan 1 kota yg telah memiliki kampung KB ini yakni kota jayapura sebanyak 6 kampung KB, kabupaten jayapura sebanyak 20,

tak hanya itu, di Merauke 14, pegunungan bintang 10, bovendigoel 20, biak numfor 37, kepulauan yapen 19, tolikara 20, jayawijaya 41, puncak jaya 20, Lannyjaya 39, yalimo 21, sarmi 21, puncak 14, nabire 16, waropen 11, yahukimo 24, keerom 29, Mimika 18, Asmat 19, dan kab.supiori sebanyak 7 kampung KB.

Masih ada beberapa kabupaten yang belum ada kampung KB oleh sebab kendalanya belum adanya kesiapan OPD setempat, dan karena di beberapa wilayah faktor keamanan, atau mungkin karena namanya kampung KB.

Lewat program kampung KB, BKKBN membuka masyarakat di papua bahwa BKKBN tidakk hanya bicara kesehatan reproduksi dan jumlah anak tetapi menjadi inisiator kemajuan dan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan.

di tambahkan, BKKBN hanya sebagai memotifasi, provokator atau memonitoring sehingga ada strategi yang bisa di bangun melalui pendekatan strategi kmpung keluarga berencana”.

“kita adakan suatu keterpaduan, kebersamaan terintegrasi, juga harus bangun sinergitas,agar apa yang diharapkan dapat tercapai, ujar charles Brabar.

Charles Brabar berharap kepada semua OPD yg menangani program kampung KB di kab, untuk segera melakukan edukasi kegiatan prioritas kmpung KB yg sdh di canangkan oleh bupati setempat,”harapnya (Lisa/Epen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here