Uskup Agats Aloysius: Seni Budaya Asmat Gandeng Pesta Emas Keuskupan

0

ASMAT, Papua terbit.com – Pesona budaya Asmat atau pergelaran seni budaya di kabupaten asmat tahun ini akan di selenggarakan bersamaan dengan pelaksanaan hari ulang tahun keuskupan agats ke 50 tahun.

Hal ini di sampaikan oleh uskup agats, Mgr Aloysius saat bersama panitia pesta budaya asmat melakukan rapat perdana yang berlangsung di hotel agats pada hari sabtu (6/7/19)

Rapat perdana persiapan pesta budaya asmat dan pesta emas keuskupan berlangsung di hotel Agats

Menurut uskup Agats, Mgr. Aloysius Pesta emas keuskupan agats telah berlangsung beberapa bulan yang lalu dengan kegiatan pertama adalah pentahbisan pastor pertama anak asmat serta arak arakan salib yesus kristus ke kampung kampung di wilayah keuskupan agats,

di katakan puncak pada hari ulang tahun ke 50 tahun keuskupan agats yang sesuai sejarah nya pada tanggal 23 November 1969 dengan di sahkan adanya keuskupan agats oleh Paus di Vatikan saat itu.

“tahun ini sebagai tahun emas kita akan selenggarakan bersamaan dengan pesta budaya asmat pada bulan November 2019 ini,”ujarnya

nantinya pesta budaya asmat dan pesta emas keuskupan akan di hadiri Beberapa tamu keuskupan agats, yaitu Duta Besar Vatikan untuk Indonesia serta beberapa tamu undangan dari keuskupan lainnya di Indonesia dan juga para tokoh Katolik di papua dan di Indonesia yang akan datang berkumpul untuk mengikuti misa 50 tahun keuskupan agats serta pembukaan pesta budaya asmat tahun 2019.

Sementara itu, menurut ketua panitia pesta budaya asmat, Erik Warkop, untuk tahun ini pesta budaya asmat ke 34 yang sengaja kita pindahkan ke bulan November pada tanggal 20 hingga 26 November 2019.

“Yang lebih mengangkat budaya khas dari asmat yang mempunyai banyak ciri khas dari berbagai suku dan grup di kabupaten asmat, yang patut kita persembahkan ke pada para tamu dan yang lebih menarik lagi akan pertama kali kita selenggarakan di lapangan papan di depan Museum Asmat yang saat ini sedang di bangun,”ujarnya

bahkan penampilan tahun ini juga akan dilaksanakan pentas seni dalam nuansa religious keagamaan pada tanggal 23 November 2019 malam hari. Serta juga akan menampilkan tampilan dari sanggar sanggar seni untuk di tampilkan pada malam hari,”tutupnya (Andre/Epen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here