DKP Dorong Dua Kampung Asmat Ikut Pelatihan dan Sosialisasi Kelompok Kubigkan

0

ASMAT, Papua terbit.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bidang Perikanan Tangkap di Kabupaten Asmat dorong dua kampung mengikuti Pelatihan Pengelohan Gelembung Ikan dan Sosialisasi Pembentukan Kelompok Usaha Bersama Gelembung Ikan (Kubigkan).

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Asmat Sukartono Hadi, S.ST.PI mengatakan,sasaran pelatihan dan sosialiasi di kampung Aswet dan Kaye, karena kebanyakan warga setempat berprofesi sebagai nelayan

“ya karena dua kampung berprofesi sebagai nelayan,”kata Kepala Bidang Perikanan Tangakap DKP Asmat Sukartono Hadi saat membuka pelatihan dan sosialisasi, berlangsung di Balai Desa Kampung Aswet. Kamis( 4/7/19)

Ia menjelaskan, Sumber Daya Alam (SDA) di Asmat sudah harus didorong untuk lebih dikembangkan lagi, salah satunya gelembung ikan.

“Dengan strategi pelatihan dan sosialiasi yang dilakukan DKP Asmat agar merangsang warga untuk bergerak memanfaatkan hasil alamnya dengan baik,”ujarnya

sehingga Kampung Aswet dan Kaye telah dibentuk 5 kelompok gelembung ikan (Kubigkan), Fokus DKP Asmat saat ini mengawal mereka agar dilakukanya pengelolaanya dengan baik.

“Hasil gelembung ikan di Asmat cukup banyak, dan warga kadang mengelolanya tidak sistematis, olehnya Itu DKP Asmat bergerak untuk melakukan terbosan baru kepada warga nelayan setempat di Asmat,”terangnya

Saat ini nilai jual gelembung ikan bisa mencapai Rp. 50.000,- sampai dengan 200.000/ gram tergantung dengan jenis ikan dan kualitas produk yang dihasilkan.

“apalagi jika nelayan bekerjasama dalam suatu kelompok usaha maka daya tawar akan tinggi. karena harga jual yang terjaga stabil sehingga pengepul tidak seenaknya menentukan harga untuk membeli produk gelembung ikan nelayan

Sukartono menambahkan semua yang dilakukan ini agar meningkatkan pendapatan dan taraf kesejahteraan masyarakat, sehingga warga menjadi mandiri dan tidak bergantung lagi kepada pemerintah,”tutupnya(Andre/Epen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here