14 Kampung ikut Sosialisasi sistem kelola Keuangan Dana Kampung

0

Jayapura, Papua terbit.com – Pemerintah Kota Jayapura melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung(BPMK) Kota Jayapura menggelar Sosialisasi peraturan pemerintah tentang sosialisasi pengelolaan keuangan dana kampung berlangsung di aula kantor Wali Kota Jayapura Selasa,(18/06).

Kapala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung,Jacobus Itaar menjelaskan sosialisasi ini merupakan pedoman bagi 14 kampung untuk menyusun dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKAM) dengan baik.

sesuai peraturan Wali kota Jayapura Dr. Benhur Tomi,MM untuk selalu tertib administrasi dan tertib aturan, maka aparat di kampung harus menggunakan pengelolaan keuangan sesuai dengan aturan yang ada.

Kami sekarang sudah mempunyai aplikasi siskedes 2.0 yang bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). ketika sosialisasi hari mereka besok sudah bisa menyusun APKampnya sehingga dasar untuk pencairan dana tahap pertama bisa cair.

Oleh karena itu Puskesmas desa bisa menggunakan aplikasi itu agar bisa mengimput semua data mulai dari perencanaan sampai pertanggungjawaban dengan baik,” kata

Diakuinya,dari 14 kampung saat ini belum ada dana kampung yang belum dicairkan, karena dasar dari pencairan dana kampung harus menyiapkan surat pertanggungjawaban (SPJ) dan anggaran pendapatan dan belanja kampung(APBKamp)

“Jadi saat ini, baru 12 kampung saja yang baru masukan SPJ ke keuangan, tinggal dua kampung yang belum menyerahkan, yaitu Kampung Waena dan Kampung Koya Koso.Kami terus akan mendorong mereka supaya terus menyelesaikan pertanggungjawaban ini,” jelasnya

Menurutnya, Hari ini batas terakhir penyerhan laporan dana Apbkam bagi kampung yang tak menyerahkan SPJ, maka sanksinya adalah pengurangan dana kampung.

“Karena dana ini sudah diberikan perhatian dari Walikota Jayapura dan Presiden untuk dapat dimanfaatkan untuk pembangunan, dan kesejahteraan masyarakat di kampung,”pungkasnya,(epen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here