BPOM Lakukan Sidak pengawasan pangan

0

Jayapura, Papua terbit.com- Dalam rangka hari besar keagamaan idul fitri Balai Besar BPOM di Jayapura, melakukan program yaitu intenfikasi pengawasan pangan.

Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Jayapura, Drs. Hanetje Gustav Kakerissa, Apt mengatakan inspeksi mendadak( sidak) guna melakukan pengawasan pangan agar melindungi masyarakat dari makanan yang tidak aman.

“apalagi di bulan ini kebutuhan makanan meningkat, olahan dan siap saji jadi ini menjadi kewajiban balai pom untuk melakukan intenfikasi Pengawasan pangan,”Ungkapnya Rabu(8/5/2019)

di katakan Hanetjde,tetap balai besar BPOM akan memantau setiap pangan yang dijual baik di toko,kios,supermarket dan ada beberapa tahap, yaitu pengawasan pengawasan pangan takzil dan pengawasan terhadap yang masuk ke pasar.

“ini penting pengawasan pangan olahan, itu biasa kita lihat pada kadaluarsanya, ijin edar dan kemungkinan rusak atau tercemar. Pengawasan pangan siap saji, takzil ini kita lakukan on the spot di lapangan kita pergi ke Ampera, Hamadi, ke pusat-pusat takzil kita lakukan sampling di tempat langsung, lakukan penyuluhan dan investigasi untuk uji laboratorium,”ujarnya.

Ia menjelaskan, apabila ada ditemukan lanjutnya dilakukan berdasarkan SOP untuk Penindakan.

“kalau baru 1 kali kita bina kalau ulang kita peringatan keras dan diminta buat surat pernyataan ini pada pangan olahan toko. Kalau penjulan takjil kita bina mereka. Umumnya mereka tidak tau bahan itu bahaya atau tidak,” paparnya.

Ia menambahkan ada dua yang diperhatikan yaitu bahan-bahan yang digunakan dan kebersihan makanan, baik saat dijual maupun dalam proses pembuatan,”pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here