Luar biasa, Hasil Hitung Cepat Garda Papua Klaim Jokowi – Ma’aruf Bungkus Suara 82,78%

0

Jayapura, Papua terbit.com- DPD GARDA Indonesia di Papua mengklaim kemenangan pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin  berdasarkan hasil quick count   (hitung cepat) sebesar 82,78%.

Menurut Kepala Biro Humas, Sosialiasi dan Media IT  Cahyo Agus Rianto, SH,  pasangan Jokowi-Ma’ruf menang  telak 82,78 persen  atas pasangan Prabowo – Sandiaga Uno meraih 15.38 persen.

“ini Sesuai dengan hasil quick count  yang dibuat oleh DPD  garda Papua dan bukan merupakan hasil hitung  resmi (real count )yang di buat oleh KPU Papua, kemenangan Jokowi-Ma’aruf di Papua sebesar 82,78 persen, dan pasangan Sandiaga Uno meraih 15,38 persen  saat memberikan keterangan pers di Serkretariat GARDA Indonesia Provinsi Papua, Jumat (19/4).

Bahkan daerah di pegunungan atau pedalaman Papua  di beberpa tempat terjadi bungkus suara untuk Jokowi –Amin apalagi 12 kabupaten yang berlangsung sistem noken tentunya sangat berdampak membawa kemenangan  Jokowi –Amien kembali kedua kalinya memimpin.

hasil perhitungan cepat  akan menjadi gambaran kedepan untuk menjembatani opini masyarakat agar sama-sama mengawal dan menjadi saksi bersama bagi hasil hasil kemenangan Jokowi –Amin ,

“Kita sudah dapat sinyal jelas bahwa di daerah pedalaman atau pegunungan terjadi  bungkus suara untuk Jokowi- Amin  terutama di 12 kabupaten yang melangsungkan sistem noken,”ucapnya

Sementara menurut Cahyo, metode yang dipakai dalam melakukan hitung cepat, adalah melalui sistem multistage  random sample,  sample of vote sekitar  10% dari DPT yakni 3.500.000 ( 350 ribu suara)  serta sample of station yaitu 10% dari jumlah TPS di Kabupaten/Kota  yakni sekitar 15.000 TPS.

“Tentu seperti yang telah kita ketahui, ada banyak kendala-kendala yang kami temui di beberapa daerah di Papua ,  data yang kami terima baru 98,16% sedangkan 1,86% data belum masuk ke sistem kami,”paparnya.

Kendala-kendala yang dimaksud salah satunya adalah jaringan internet dan letak geografis. Namun Cahyo mengaku GARDA Papua telah mendapatkan sinyal kejelasan bahwa didaerah pedalaman seperti pengunungan tetap bungkus suara untuk pasangan Jokowi-Ma’aruf.

“Terutama 12 Kabupaten yang menggunakan sistem noken. Sekarang ini kami masih menunggu data yang sisa, namun kami yakin tidak ada perubahan yang cukup signifikan karena presentase suara yang  belum masuk dalam sistem kami hanya sedikit, jadi kami dapat mengklaim kemenangan Jokowi-Amin di Papua,”katanya.

Sementara itu, Sekretaris GARDA Indonesia Provinsi Papua, Edwin Gusti Rafra, SH, M.Si memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih  kepada Gubernur Provinsi Papua yakni Lukas Enembe S.IP MH  yang telah berjuang memenangkan pasangan Jokowi-Amin.

“Ya harus  bungkus tiga juta suara untuk Jokowi di Papua ini tentunya sangat berdampak bahkan kita yakini dari 8. Dan ternyata menurut hitungan cepat kami sudah melewati angka itu. Karena itu kami ucapkan terima kasih kepada Lukas Enembe sebab capaian suara untuk Jokowi dalam hitung cepat melebihi angka tiga juta suara,” Pungkasnya(Pen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here