Kabupaten Jayapura Siap Laksanakan Pemilu

0
87
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw foto bersama usai mengikuti Dharma Shanti.

Jayapura, Papuaterbit.com – Meski baru baru saja dilanda bencana banjir bandang, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw memastikan bahwa kesiapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) di daerah tersebut sudah sangat siap dan akan tetap berjalan sesuai dengan jadwal nasional yakni 17 April 2019.

“Sudah, sudah siap” kata Mathius yang ditemui wartawan usai Dharma Santi umat Hindu yang dilaksanakan di Hotel Grand Alisson, Sabtu (6/4) sore tadi.

Bupati Mathius juga menyebutkan bahwa kesiapan Pemilu juga sudah disampaikan kepada seluruh pihak yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Jadi hasilnya nanti kita akan adakan pertemuan dengan KPU, Bawaslu dan seluruh pihak di kantor, kita akan ketemu” singkatnya.

Dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua per Desember 2018 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Jayapura adalah berjumlah 126.462. Sementara untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar 19 distrik yang ada di Bumi Kenambay Umbay itu berjumlah 531 TPS.

Pasca bencana banjir bandang yang terjadi pada tanggal 16 Maret lalu kemungkinan besar DPT Kabupaten Jayapura akan mengalami perubahan.

Dimana dalam bencana tersebut dilaporkan lebih dari seratusan orang tewas. 20 orang diantaranya belum dapat diidentifikasi. Selain itu, puluhan orang juga masih dinyatakan hilang hingga hari ini. Selain banjir bandang, air Danau Sentani pun ikut meluap dan merendam beberapa daerah. Termasuk beberapa TPS yang ada di sekitaran danau yang menjadi icon Kabupaten Jayapura itu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Jayapura, Zackarias Rumbewas saat dihubungi, belum lama ini mengatakan pasca bencana banjir bandang, pihaknya akan mengecek DPT di sejumlah TPS akibat adanya korban meninggal dunia dan yang masih ada di tempat pengungsian.  “Intinya bahwa kami akan mengecek semua hal yang berkaitan dengan pergeseran TPS, penambahan atau pengurangan DPT pasca bencana banjir bandang Sentani dan naiknya permukaan air Danau Sentani” ungkapnya dalam sambungan telepon beberapa waktu lalu. (thio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here